-->

Follow us on

Unipol Gelar Sosialisasi dan Bimtek, Penerapan Sistem Informasi Pemasaran Komoditas Jagung di Kab.Soppeng

RilisInfo.id
Selasa, 13 Agustus 2024, 13.8.24 WIB Last Updated 2024-08-13T09:54:53Z

RILIS INFO ■  Universitas Lamappapoleonro (Unipol) melaksanakan Bimbingan teknis penerapan sistem informasi  pemasaran komoditas jagung di kabupaten soppeng untuk peningkatan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan nasional yang di laksanakan di Tokebbeng Desa Watu Toa Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng, pada tanggal 4 Agustus 2024.

Kegiatan ini dibiayai oleh  direktorat riset dan teknologi melalui penelitian fundamental. Sistem informasi pemasaran berbasis online ini memudahkan para petani dalam menjual hasil pertanian jagungnya secara luas guna meningkatkan produktivitas penjualan dan pendapatan petani jagung. 

Ketua tim Asnia minarti ,SE,MM menjelaskan bahwa Sistem informasi pemasaran berbasis online di bangun menggunakan teknologi/plat form website yang di buat menggunakan software codeigniter dan data base my sql. 
Dalam sistem pemasaran komoditas jagung ini di lengkapi dengan menu registrasi yang dilakukan oleh konsumen yaitu pada fitur metode pengiriman rancangan sistem informasi ini dihasilkan oleh penelitian dasar fundamental yang dilaksanakan oleh kelompok dosen peneliti universitas lamappapoleonro yaitu Asnia minarti,SE,MM dari prodi manajemen dan Ismail S.Kom.M.Kom dan Nur sakti S.Kom,M.Kom dari prodi sistem informasi


Kegiatan ini mendapat support dari kepala bidang tanaman pangan ibu Alya Warjuni,S.Tp,M Si dari Dinas Tanaman Pangan, Horikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kab. Soppeng. Melalui website ini nantinya dapat membantu para petani jagung Di Kab Soppeng dalam memasarkan hasil pertanian jagung.

Kegiatan ini mendukung program MBKM yaitu dengan melibatkan mahasiswa sebagai tim pelaksana, dimana kegiatan mahasiswa di lapangan akan di rekognisi dalam mata kuliah pemrograman web sebanyak 3 sks dan mata kuliah pemrograman  basis data sebanyak 3 sks. indikator kinerja utama (IKU)yaitu (a) dosen berkegiatan di luar kampus. (b) mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar diluar kampus. 

Asnia Minarti,SE,MM sebagai Ketua Tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan kontribusi atas terselesaikannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, yaitu kepada Rektor universitas Lamappapoleonro DR Hj Andi Adawiah,SE,MM, Wakil Rektor 1 DR  Asmini,SE,M.Si, Wakil Rektor II Bapak A.Muh Nurul Adal,SE,MSA,Ak,SAS,CA, Ketua Program Studi Manajemen Masyadi,SE,MM, Ketua Prodi sistem informasi M Afdal Tahir,S.Kom,MMSi,rekan Dosen Universitas Lamappapoleonro, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas pertanian  Kab Soppeng ibu Alia Warjuni,S.TP,M.Si, Kepala Desa Watu Watu Toa, Kelompok Usaha Sipakalebbi serta masyarakat Desa Watu Toa.
Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU