-->

Follow us on

Program Pengabdian Dosen Pemula Unipol Melalui Pelatihan dan Pendampingan Disversikasi Olahan Jagung di Desa Watu Toa

RilisInfo.id
Selasa, 13 Agustus 2024, 13.8.24 WIB Last Updated 2024-08-13T07:39:47Z

RILIS INFO ■  Program Pengabdian Dosen Pemula  ( PMP ) Universitas Lamappapoleonro, Kemitraan  dengan judul pelatihan dan pendampingan diversifikasi olahan jagung menjadi nilai ekonomi
Kegiatan yang dibiayai direktorat riset dan teknologi dan pengabdian kepada masyarakat dapat diselesaikan pada hari Minggu,4 Agustus 2024 di Tokebbeng, Desa Watu Toa Kec Marioriwawo Kab Soppeng

Program ini dilaksanakan oleh Tim Multidisiplin ilmu dari Dosen Prodi sistem Informasi Ismail,S.Kom,M.Kom serta Dosen Prodi manajemen Puji Rahmah,SE,MM dan Asnia Minarti,SE,MM beserta mahasiswa dari program studi manajemen Rismayunismang dan Sri Anggun Pratiwi.


Ketua Tim Ismail,S.Kom,M.Kom, menjelaskan, Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat melalui pelatihan dan pendampingan diversifikasi olahan jagung menjadi nilai ekonomi dapat  bermanfaat bagi masyarakat di Desa Watu Toa khususnya petani jagung dan kelompok Tani Sipakalebbi, manfaatnya yaitu :

1. Menambah pengetahuan tentang olahan diversifikasi jagung, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dari kegiatan tersebut dan hasil panen jagung tidak terjual dengan harga murah atau hanya menjadi limbah yang terbuang. 

2) Membuka peluang usaha produksi pengolahan jagung yang dapat dipasarkan sehingga memperluas jaringan pemasaran. 

3) peningkatan jangkauan pemasaran secara luas.

Kegiatan ini mendukung program MBKM yaitu dengan melibatkan mahasiswa sebagai tim pelaksana, dimana kegiatan mahasiswa di lapangan akan di rekognisi dalam mata kuliah kewirausahaan lanjut sebanyak 3 sks dan mata kuliah agribisnis sebanyak 3 sks. 


Dalam disversikasi olahan jagung yang diterapkan dalam kegiatan ini yaitu pembuatan pop corn, pembuatan tepung jagung dan gula cair  jagung. Dan menghasilkan dua capaian indikator kinerja utama (IKU)yaitu (a) dosen berkegiatan di luar kampus. (b) mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar diluar kampus. 

Ismail,S.Kom,M.Kom sebagai Ketua Tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan kontribusi atas terselesaikannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, yaitu kepada Rektor universitas Lamappapoleonro DR Hj Andi Adawiah,SE,MM, Wakil Rektor 1 DR  Asmini,SE,M.Si, Wakil Rektor II Bapak A.Muh Nurul Adal,SE,MSA,Ak,SAS,CA, Ketua Program Studi Manajemen Masyadi,SE,MM, rekan Dosen Universitas Lamappapoleonro, Kepala Desa Watu Watu Toa, , Kelompok Usaha Sipakalebbi serta masyarakat Desa Watu Toa.
Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU