-->

Follow us on

Bawaslu Soppeng Gelar Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024

RilisInfo.id
Minggu, 28 Juli 2024, 28.7.24 WIB Last Updated 2024-07-28T09:48:26Z

RILIS INFO ■  Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar sosialisasi pengawasan tahapan pemilihan serentak tahun 2024, dengan Tema "Penegakan Hukum Pemilihan Serentak Tahun 2024" di Aula Cafe Triple Delapan, Minggu 28 Juli 2024.

Kegiatan ini dihadiri, Bupati Soppeng, Dandim1423/Soppeng, Kapolres Soppeng, Ketua DPRD Kab.Soppeng, Kepala Kejaksaan Negeri Kab.Soppeng, Ketua Pengadilan Negeri Kab.Soppeng,Kepala Kesbangpol Kab.Soppeng, Ketua dan Anggota KPU Kab.Soppeng, Perguruan Tinggi, Ketua Partai Politik se-Kab.Soppeng, Organisasi Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Pers dan LSM. 

Ketua Bawaslu Kab.Soppeng M.Hasbi dalam sambutannya mengungkapkan, dalam rangka tahapan pemilu yang saat ini telah dilaksanakan, dan setiap tahapan pemilu perlu disampaikan semua kepada publik, maka hari ini Bawaslu mensosialisasikan pengawas Pemilu 2024, terkait perlakuan yang harus dipatuhi sesuai regulasi kepemiluan. 

Dikesempatan itu pula, M.Hasbi menyampaikan ucapkan terima kasih atas kehadiran Tim Gakkumdu RI di Kab.Soppeng.

Sementara Tim Gakkumdu RI dalam kesempatannya menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan Pemilu nantinya. 

"Saya sampaikan ada sebuah tren yaitu pasal 71 UU bunyinya, Pejabat negara, pejabat daerah, pejabat Aparatur Sipil Negara, anggota TNI/POLRI, dan Kepala Desa atau sebutan lain/Lurah dilarang membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon, hal ini dilarang ada sanksi pidananya," jelasnya. 

Pasal 71 ini yang sering dilanggar, kita bawaslu sekedar mengingatkan agar tidak terjadi pelanggaran,"tandasnya.

Masih ditempat yang sama, Kapolres Soppeng yang di wakili Iptu Fajar Nur menyampaikan, dalam penegakan hukum, kita tidak perna lepas dari peraturan-peraturan yang ada, mari bersinergi dalam penegakan hukum, dan semua elemen-elemen masyarakat memberikan informasi.

"Dengan prestasi yang perna dilakukan pada Pemilu yang lalu kita tidak boleh lengah, mari kita kawal pemilu ini dengan melakukan pengawasan agar situasi di kab.soppeng tetap aman dan terkendali," Pungkas Iptu Fajar Nur. 

Sementara, Dandim 1423/Soppeng Letkol Inf Reinhard Haposan Manurung, S. Pd dalam sambutannya berharap pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Bupati dapat berjalan dengan aman dan lancar. 

" Dari pihak keamanan TNI - Polri akan bersinergi, namun pesan saya ini tidak akan terlaksana kalau hanya di bebankan kepada kami, mari kita sama-sama bergandengan tangan agar Pemilu dapat berjalan dengan aman dan lancar, dan kejadian 15 tahun yang lalu jangan sampai terulang lagi. 

" Kami sudah berkomitmen bersama Polri agar Pilkada dapat berjalan dengan aman dan lancar, dan akan melaksanakan Patroli rutin demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, tutup Dandim 1423/Soppeng.

Bupati Soppeng yang diwakili oleh Asisten I Andi Makkarakka  menyampaikan, Pemerintah Daerah terus mendukung Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Bupati Soppeng, dan berharap dapat berjalan dengan aman dan damai.

" Pemilu kemarin Kita dianggap Sukses, tapi jangan jumawa, kita harus tetap meningkatkan pengawasan, menjaga kebersamaan dan tetap mensupport kerja KPU dan Bawaslu agar Pemilu ini dapat berjalan dengan aman dan  damai,"harap Andi Makkaraka
Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU